19-JAN-18
Legislator Minta Revitalisasi Terminal Joyoboyo Tidak Asal Bangun
Legislator Minta Revitalisasi Terminal Joyoboyo Tidak Asal Bangun
H. Syaifuddin Zuhri, S.Sos. - Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya

SURABAYA – Rencana Pemerintah Kota Surabaya akan merenovasi Terminal Joyoboyo pada tahun 2018 ini segera dilakukan. Untuk merenovasi terminal menjadi lima lantai ini, pemkot menyiapkan anggaran sebesar Rp 280 miliar.

Menyikapi rencana tersebut, Ketua Komisi C DPRD Kota Surabaya Syaifuddin Zuhri mengatakan, jika nantinya Terminal Joyoboyo dibangun lebih megah, maka fungsinya juga harus jelas.

Oleh karena itu Komisi C ingin agar pembangunan tersebut dikonsep dengan baik sehingga bisa dinikmati dengan baik oleh masyarakat, khususnya warga Kota Surabaya.

“Jangan asal bangun, tapi setelah itu mangkrak,” kata Syaifuddin Zuhri, kemarin.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Surabaya ini juga minta pemerintah kota agar mempertimbangkan terkait fungsi yang bisa digunakan dengan baik.

Di antaranya tempat parkir hingga fasilitas penunjang lainnya. “Biar anggaran yang besar tidak sia-sia,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 280 miliar tersebut nantinya untuk membangun terminal lima lantai yang juga difungsikan untuk park and ride.

Konsep tersebut juga untuk mengakomodir realisasi trem yang nantinya menghubungkan Terminal Joyoboyo-Purabaya.

“Konsep tersebut telah dimatangkan karena Terminal Joyoboyo nanti jadi sentral moda transportasi,” jelas Risma yang berharap anggaran senilai Rp 280 miliar bisa terserap dengan baik.

Konsep pembangunan yang sudah jelas, lanjut Risma, diharapkan bisa segera dilanjutkan dengan pengerjaan sejumlah bangunan. “Bangunan lantai lima nanti banyak fungsinya,” ujarnya.

Dia menambahkan, nantinya pembangunan trem juga sedang dibahas lebih lanjut untuk penyediaan transportasi masal.

Saat ini transportasi berupa Suroboyo Bus juga telah disediakan. “Pusatnya nanti juga di Terminal Purabaya,” urainya.

Sedang Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyu Drajat kepada wartawan menambahkan, rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Pasar Wonokromo dan Terminal Joyoboyo juga akan dilakukan.

Akses tersebut membutuhkan tempat parkir yang lusa di Joyoboyo. Karena itu secara bertahap kebutuhan infrastruktur di Terminal Joyoboyo akan dipenuhi.

Juga parkir untuk Kebun Binatang Surabaya (KBS), nantinya bisa ditampung di Terminal Joyoboyo dengan konsep baru. Sehingga saat musim liburan tidak terjadi penumpukan parkir di KBS. (pri)

   AGENDA DPRD

   WARGA BICARA

harnoko :
"pelebaran jln kedurus thn 2013 patut diapresiasi namun badan jln sebelah timur bkembang jd tempat bkolusi antara pemilik material bangunan (pasir dan ..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

taifiq al amrilla :
" box calvet sudah sudah sampai manukan .alur sumgai le muara pesisir surabaya pembenahan di berhentikan .padahal sering banjir tiap musim hujan ..kn..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

Kusmandi :
"HO menjadi momok semua warga surabaya apakah pengusaha,toko2 kecil,tempat usaha. Sedang utk pengurusannya bukan hal mudah ( mungkin memang dibuat demi..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

  Berikan Suara Anda

   LINK WEB