Home
Kolom Cak Ji

Panggung Aspirasi

Perubahan yang menyejahterakan. Itulah harapan besar yang diapungkan publik terhadap kiprah legislator. Tak salah bila banyak sekali soroton yang ditujukan kepada para wakil rakyat.

Para legislator dituntut bisa banyak berbuat untuk kepentingan masyarakat. Yang menempatkan jeritan hati masyarakat sebagai nafas perjuangan. Yang selalu menghadapkan diri sebagai penyambung aspirasi masyarakat yang kerap dirugikan atas kebijakan pemerintah.

Bukan cuma itu saja. Legislator juga dituntut tidak kelewat mengurus perut sendiri. Ini karena godaan kemewahan dan keglamoran. Legislator diharapkan berhitung benar terkait efisiensi anggaran. Dimana mereka harus bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang berkecenderungan berfoya-foya.

Kita butuh upaya-upaya kreatif dan konsisten untuk mengatasi semua ini. Terkait kebijakan, misalnya. Legislator dituntut menjalankan tiga fungsinya: legislasi, budgeting, dan controlling. Pembahasan rancangan peraturan daerah raperda (raperda) harus dikawal serius. Pun dengan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) harus dicermati poin demi poin.

Di sisi lain, masih ada sektor regulasi yang perlu diperjuangkan dewan. Seperti halnya terobosan membuat pemangkasan pajak. Dengan pemangkasan pajak akan membuka ruang lebih lempang masuknya investasi. Sehingga problem tuna karya bisa dieliminasi.

Kreativitas lain yang juga perlu disentuh legislator adalah tiga agenda utama pembangunan, yakni pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur. Urusan pendidikan tak melulu dioreintasikan pada kebutuhan fisik. Semisal, pembangunan gedung dan pemenuhan perlengkapan sekolah. Kemudahan memperoleh akses pendidikan juga tak boleh diabaikan. Artinya, biaya pendidikan masih tetap tinggi dan masih banyak anak-anak yang tak mampu yang kesulitan mengenyam pendidikan lantaran tertindih biaya.

Bidang kesehatan juga demikian. Program BPJS  yang terus menyisakan masalah. Hingga sekarang, masih banyak warga miskin di Surabaya yang belum mendapatkan fasilitas berobat gratis tersebut.

Pembangunan infrastruktur juga butuh percepatan. Kemacetan, permukiman, banjir, dan lainnya di Surabaya juga butuh penangangan serius dan cepat.

Dengan masih banyaknya masalah yang butuh penanganan, pada gilirannya mendorong kami untuk berbuat lebih baik. Salah satunya mulai Januari 2015 ini, kami menggelar acara “Panggung Aspirasi”. Acara ini akan ditayangkan di JTV. Isinya seputar informasi dan sosialisasi hasil kinerja wakil rakyat.

Panggung Aspirasi akan membeber hasil kinerja anggota dewan yang tidak banyak diketahui warga Surabaya. Di antaranya fungsi dan peran dewan di dalam sistem pemerintahan kota, terkait fungsi pokok budgeting, legislasi, dan pengawasan. Juga soal apa saja terkait kegiatan yang dilakukan dewan. Termasuk soal kunker dan reses.

Biar lebih fair, semua anggota dewan nanti akan tampil bergiliran sesuai tema yang akan disampaikan. Kami juga mengundang narasumber dari Pemkot Surabaya, akademisi, dan warga kota.

Panggung Aspirasi ini merupakan terobosan politik untuk membuka sumbatan komunikasi antara publik dan dewan. Paling tidak, aspirasi publik bisa tersalurkan lewat ajang yang bermartabat. Semoga. (*)

16 Januari 2015 ~ 13:34 WIB

   Agenda DPRD

   WARGA BICARA

harnoko :
"pelebaran jln kedurus thn 2013 patut diapresiasi namun badan jln sebelah timur bkembang jd tempat bkolusi antara pemilik material bangunan (pasir dan ..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

taifiq al amrilla :
" box calvet sudah sudah sampai manukan .alur sumgai le muara pesisir surabaya pembenahan di berhentikan .padahal sering banjir tiap musim hujan ..kn..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

Kusmandi :
"HO menjadi momok semua warga surabaya apakah pengusaha,toko2 kecil,tempat usaha. Sedang utk pengurusannya bukan hal mudah ( mungkin memang dibuat demi..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

  Berikan Suara Anda

   LINK WEB



   STATISTIK PENGUNJUNG

Online : 13
Total Hits : 897320 Hits
Hari Ini : 551
Kemarin : 883
Bulan Ini : 26588
Tahun Ini : 162573
Total : 750358