Home
Berita
Rabu, 10 Januari 2018
Dewan Tagih Komitmen Pemkot Soal Revitalisasi Pasar Tunjungan
Dewan Tagih Komitmen Pemkot Soal Revitalisasi Pasar Tunjungan
Mazlan Mansur, S.E. - Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya

SURABAYA - Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansyur mendesak pemerintah kota segera mengambil keputusan dari beberapa opsi terkait revitalisasi Pasar Tunjungan.

Pasalnya, wacana untuk membangun ulang salah satu pasar legendaris di Kota Pahlawan ini sudah lama digaungkan Pemkot Surabaya.

"Ada banyak opsi, dan Pemkot Surabaya harus segera memutuskan," kata Mazlan, saat rapat dengar pendapat terkait Pasar Tunjungan di ruang Komisi B DPRD Surabaya, kemarin.

Legislator dari PKB ini menyebutkan, ada beberapa opsi yang bisa diambil pemerintah kota dalam menghidupkan Pasar Tunjungan. Selain merevitalisasi sendiri, jelas dia, pemkot juga bisa menggandeng pihak swasta.

Dalam hearing kemarin, komisi bidang perekonomian ini mempertanyakan komitmen pemerintah kota terkait revitalisasi Pasar Tunjungan yang sudah direncanakan sejak lama, namun hingga kini belum terealisasi.

Studi kelayakan (feasibility study/FS) untuk Pasar Tunjungan, ungkap Mazlan, sebenarnya sudah jadi sejak satu tahun lalu. "Saat ini  tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah kota," ujarnya.

Sesuai konsep yang ada, urai Mazlan, Pasar Tunjungan nantinya tidak hanya diperuntukkan sebagai tempat perdagangan. Sebagian tempat di pasar itu juga akan difungsikan sebagai virtual office atau toko yang disewakan dalam waktu tertentu.

Menurut dia, pembangunan "virtual office" dinilainya sangat tepat karena untuk kawasan perkantoran dengan konsep seperti itu di Surabaya masih jarang.

"Di Jakarta kantor yang disewakan per jam sudah banyak. Kalau di Surabaya masih sedikit," ungkap Mazlan.

Rapat dengar pendapat juga dihadiri perwakilan pedagang. Mereka menyampaikan beberapa keluhan, mulai soal kebocoran saat hujan, listrik yang tidak menyala di lorong-lorong, hingga minimnya lahan parkir.

Mereka minta ada perhatian Pemkot Surabaya untuk menangani Pasar Tunjungan. Kalau revitalisasi belum memungkinkan, pedagang minta paling tidak ada perbaikan renovasi.

Direktur Teknik PD Pasar Surya Zandy Ferryansyah yang diundang dalam hearing itu mengatakan, sangat sulit jika revitalisasi dilakukan tahun ini. Sebab, FS yang sudah diserahkan ke pemerintah kota sampai sekarang belum keluar hasilnya.

Menurut dia, dalam waktu dekat yang bisa dikerjakan PD Pasar adalah memperbaiki sejumlah kerusakan yang ada di Pasar Tunjungan. Seperti soal kebocoran yang dikeluhkan pedagang.

"Kalau hanya memperbaiki bisa. Kami ada anggarannya untuk itu sekitar Rp 500 juta," kata Ferry.

Sedang Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Khalid menuturkan pemkot tidak mau gegabah dalam merealisasikan rencana itu. Sebab pemerintah kota sudah memiliki sejumlah rencana untuk kawasan Tunjungan.

Selain akan dilalui moda transportasi massal berupa trem, jelas dia, Pemkot Surabaya juga ingin mengembalikan kejayaan Jalan Tunjungan. Belum lagi di sekitar Tunjungan saat ini sudah ada sejumlah pusat perbelanjaan yang cukup besar.

"Pemkot ingin membuat Pasar Tunjungan menyatukan semua itu. Makanya sekarang kami lagi mencari pakar pembuat desainnya," kata Khalid. (pri)

   Agenda DPRD

   WARGA BICARA

harnoko :
"pelebaran jln kedurus thn 2013 patut diapresiasi namun badan jln sebelah timur bkembang jd tempat bkolusi antara pemilik material bangunan (pasir dan ..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

taifiq al amrilla :
" box calvet sudah sudah sampai manukan .alur sumgai le muara pesisir surabaya pembenahan di berhentikan .padahal sering banjir tiap musim hujan ..kn..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

Kusmandi :
"HO menjadi momok semua warga surabaya apakah pengusaha,toko2 kecil,tempat usaha. Sedang utk pengurusannya bukan hal mudah ( mungkin memang dibuat demi..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

  Berikan Suara Anda

   LINK WEB



   STATISTIK PENGUNJUNG

Online : 20
Total Hits : 1148295 Hits
Hari Ini : 388
Kemarin : 627
Bulan Ini : 5819
Tahun Ini : 5819
Total : 965367