Home
Berita
Jumat, 11 Agustus 2017
Risma Minta Rekrutmen Direktur PDPS Diulang, Legislator Usulkan Ini
Risma Minta Rekrutmen Direktur PDPS Diulang, Legislator Usulkan Ini
Pdm. Rio Pattiselanno, S.Kom. - Anggota Komisi B DPRD Surabaya

SURABAYA - Anggota Komisi B DPRD Surabaya Rio Patti Selanno mengusulkan, panitia seleksi (pansel) rekrutmen calon direktur Perusahaan Daerah Pasar Surya (PDPS) diganti.

Usulan ini mengemuka, menyusul adanya permintaan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini agar rekrutmen itu diulang karena hasilnya tidak memenuhi standar.

Menurut Rio, pihaknya mencoba melihat permasalahan itu dari hulunya, di mana pansel menyelenggarakan rekrutmen dirut badan usaha milik daerah (BUMD) tersebut dari awal.

"Saya menilai yang menjadi kekurangan pansel dalam menyelengarakan rekrutmen ini adalah tidak adanya keterbukaan dan transparansi. Mulai bagaimana metode yang digunakan dan juga hasil rekrutmen yang sudah diselenggarakan," kata Rio, kemarin.

Komisi B DPRD Surabaya, sebutnya, juga tidak pernah dilibatkan dalam rekrutmen PDPS. Padahal dalam rekrutmen PD Taman Satwa KBS yang juga BUMD Pemkot Surabaya sebelumnya, dewan dilibatkan.

"Bahkan kami diberikan kesempatan untuk menguji," ujar wakil rakyat dari Partai Gerindra ini.

Dia menyebutkan, ujung dari permasalahan rekrutmen dirut PDPS adalah tiga nama yang diusulkan Dewan Pengawas PDPS yang ditolak Wali Kota Tri Rismaharini.

Konsekuensinya akan ada rekrutmen ulang yang tentunya akan membuat alokasi anggaran bertambah. Menurutnya, yang melakukan pemborosan bukan pemkot, melainkan PD Pasar Surya sendiri.

Rio menambahkan, wali kota hanya menerima tiga nama untuk dipilih salah satunya sebagai direktur utama.

Jika dinilai tidak memenuhi standar maka harus dilihat juga sistem rekrutmen oleh pansel, siapa saja yang berlaku sebagai penguji hingga proses penilaiannya bagaimana.

"Setiap kali rekrutmen infonya dibutuhkan dana Rp200 juta. Nah ini sudah dua kali. Akan jadi mubazir jika yang jadi masalah adalah panitia seleksinya yang ternyata kurang maksimal, atau metodenya," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan agar pansel-nya diganti, atau kalau tidak metodenya yang diganti.

Tri Rismaharini sebelumnya minta rekrutmen calon dirut PDPS diulang atau dibuka kembali menyusul nilai hasil rekrutmen sebelumnya tidak memuaskan.

Menurut Risma, alasan tidak memilih tiga calon dirut dari Bawas PDPS tersebut bukan karena kemampuan teknis yang dimiliki jelek, melainkan lebih menyangkut soal etika.

Sedang Sekkota Surabaya Hendro Gunawan kepada wartawan memastikan, bahwa rekrutmen untuk PD Pasar akan diulang. Sebab, hasil assessment tidak sesuai dengan standar yang diberlakukan untuk direktur perusahaan daerah.

"Ya tidak apa-apa diulang lagi. Sebab memang hasilnya tidak cukup baik. Tidak masalah diulang daripada harus mempertahankan hasil yang kurang bagus. Karena peranan dari dirut ini sangat strategis dan menjadi kunci dari pembangunan pasar tradisional yang ada di Surabaya," kata Hendro. (pri)

   Agenda DPRD

   WARGA BICARA

harnoko :
"pelebaran jln kedurus thn 2013 patut diapresiasi namun badan jln sebelah timur bkembang jd tempat bkolusi antara pemilik material bangunan (pasir dan ..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

taifiq al amrilla :
" box calvet sudah sudah sampai manukan .alur sumgai le muara pesisir surabaya pembenahan di berhentikan .padahal sering banjir tiap musim hujan ..kn..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

Kusmandi :
"HO menjadi momok semua warga surabaya apakah pengusaha,toko2 kecil,tempat usaha. Sedang utk pengurusannya bukan hal mudah ( mungkin memang dibuat demi..."



DPRD Kota Surabaya :
"Belum ada tanggapan.."

  Berikan Suara Anda

   LINK WEB



   STATISTIK PENGUNJUNG

Online : 4
Total Hits : 948384 Hits
Hari Ini : 543
Kemarin : 1223
Bulan Ini : 23521
Tahun Ini : 210914
Total : 798699